post

Teknologi Tepat untuk Anak-Anak di Setiap Umur

Teknologi Tepat untuk Anak-Anak

Hari-hari ini, tonggak perkembangan bayi Anda termasuk teknologi seperti telepon seluler dan komputer. Cari tahu gadget apa yang sesuai untuk setiap tahap dengan tonggak digital kami

Jika Anda seperti kebanyakan orang tua, Anda dengan bangga mendokumentasikan pengalaman pertama anak Anda: senyuman, langkah, kata-kata. Tapi album foto hari ini mengisi dengan pengalaman pertama lainnya: mainan elektronik, iPod, komputer. Ini adalah tonggak digital, tetapi Anda tidak akan menemukannya di buku pengasuhan di meja Anda.

“Benar-benar tidak ada usia yang ‘tepat’ untuk memungkinkan anak-anak kita mencelupkan kaki ke dalam kolam digital,” kata ahli teknologi American Academy of Pediatrics (AAP), Gwenn Schurgin O’Keeffe MD, penulis CyberSafe. “Tetapi jika kita memperhatikan, kita dapat memutuskan apa yang paling masuk akal untuk anak-anak kita, karena kenyataannya adalah tonggak baru ini datang entah kita suka atau tidak.” Ini tentu bukan teknologi yang kita tinggali. (Anda mungkin memohon orang tua Anda untuk televisi yang lebih besar atau telepon Anda sendiri — kita menebak hamburger plastik atau satu set bibir merah.) Padahal teknologi pernah hidup di dunia kita, kita sekarang hidup di dunia teknologi. The Kaiser Family Foundation menemukan bahwa kira-kira seperempat dari semua anak-anak antara usia 4 dan 6 menggunakan komputer pribadi setidaknya 50 menit sehari — dan penelitian itu keluar empat tahun lalu (alias pra-Angry Birds)! “Anak-anak hari ini dikelilingi oleh media digital,” kata Lori Takeuchi, direktur penelitian di Joan Ganz Cooney Center di Sesame Workshop,

Meskipun media menghabiskan banyak tinta (er, piksel) pada aspek-aspek menakutkan (cyberbullying! Sexting!), Ada juga banyak manfaat yang dapat dipetik anak-anak. “Kemampuan untuk menggunakan teknologi untuk mencari jawaban atas pertanyaan dan menjangkau seluruh dunia membuka pikiran ke hamparan pengetahuan yang hampir tak terbatas,” kata Tammi Williams, MD, dokter anak di Baylor Medical Center, di Irving, TX. Tentunya, anak-anak berkembang pada tingkat yang berbeda dan akan cukup dewasa untuk menangani perangkat pada usia yang berbeda. The 411 berikut akan membantu Anda lebih siap setiap kali anak Anda mengambil teknologi terjun.

0 SAMPAI 12 BULAN: Tombol Pusher

1. Belajar sebab dan akibat dengan mainan elektronik

2. Menangani iPhone yang diatur ke “mode pesawat”

3. Jangan memegang ponsel sambil mengoceh ke Nenek

Setiap mainan bayi di rak tampak menyala dan memainkan musik. Harvey Karp, MD, dokter anak terkenal di Los Angeles dan penulis buku terlaris The Happiest Baby on the Block , menganggap mainan elektronik saat ini sebagai “mainan modern” karena mereka mengajarkan sebab dan akibat dan juga mengasah keterampilan tangan yang manipulatif . Tapi semua yang ada di kotak mainan anak Anda seharusnya tidak memerlukan baterai double-A. Jika anak Anda berusia 9 bulan atau lebih, pastikan Anda memiliki banyak mainan “aktif” sebagai “pasif”. Dengan mainan pasif, anak Anda dapat menekan tombol untuk pertunjukan cahaya “Mary Had a Little Lamb”. Mainan aktif (balok, bola, dll.) Membutuhkan interaksi dan partisipasi, dan mendorong keterampilan motorik halus.

Tidak ada bukti konklusif tentang dampak penggunaan ponsel pada anak-anak kecil. Tapi ponsel memang memancarkan medan elektromagnetik, dan tengkorak anak-anak yang masih berkembang lebih tipis daripada orang dewasa. Jika Anda akan menelepon Nenek, mintalah bayi mengoceh di speaker ponsel atau headset. Jika Anda menyerahkan ponselnya sebagai selingan cepat, letakkan di mode pesawat, yang menonaktifkan sinyal nirkabel.

1 SAMPAI 2 TAHUN: The High-Tech Mimic

1. Jam tangan program pendidikan seperti Blue’s Clues, Super Why! dan Dora the Explorer

2. Tinker dengan aplikasi penyebab-dan-efek dasar pada iPhone

3. Mulai meniru kebiasaan teknologi Ibu

Kita tahu, kita tahu: AAP mengatakan tidak ada televisi untuk anak di bawah 2 tahun, dan untuk membatasi dua jam sehari untuk anak-anak di atas 2. Tetapi kenyataannya adalah Anda baru pulang dari pasar, balita Anda rewel dan gelisah, dan 30 menit Bubble Guppies akan memberi Anda cukup waktu untuk mengeluarkan belanjaan dan makan malam dimulai.

Untungnya, TV bisa lebih dari sekadar dot berteknologi tinggi. Sebuah studi Yayasan Keluarga Kaiser 2005 menemukan bahwa melihat program pendidikan seperti Dora the Explorer, Blue’s Clues, dan Arthur antara usia 6 dan 30 bulan dikaitkan dengan pertumbuhan bahasa yang dipercepat. Namun, menonton televisi umum (termasuk paparan program dewasa) dikaitkan dengan berkurangnya kosakata. The takeaway: Eksposur terbatas pada televisi pendidikan mungkin memiliki dampak positif pada anak Anda, tetapi rumah tangga di mana tabung payudara menyala sepanjang hari tidak akan. Kata Dr. Karp: “Tidak baik untuk memadatkan anak Anda di depan TV selama dua jam dan berpikir bahwa Anda sedang membangun otaknya, tetapi tidak apa-apa jika orang tua Anda yang berusia delapan belas tahun menonton Sesame Street.”

Sarah Crisp mengatakan putrinya yang berusia 18 bulan semakin banyak dari Super Why! dan WordWorld di PBS Kids. “Dia tahu lagu ABC, dapat mengenali huruf kecil, dan tahu bagaimana huruf terdengar,” katanya. “Saya tidak berpikir TV itu buruk. Anda hanya perlu memantau jumlah waktu dan apa yang mereka tonton. ”

Salah satu tonggak sosial yang besar bagi balita adalah meniru perilaku orang lain, jadi harap jodoh Anda tertarik pada perangkat yang selalu didambakan Mommy. Jika dia meraba-raba ponsel Anda, biarkan dia mengotak-atik aplikasi konyol alih-alih mengkonfigurasi ulang buku alamat Anda. Coba Bubble Popper (gratis; itunes.com), game sebab-akibat yang meniru bungkus gelembung. Sekali lagi, simpan perangkat dalam mode pesawat — mencegah paparan terhadap radiasi yang tidak perlu dan mengurangi kesempatan untuk mengklik ke Internet. Jika Anda lebih suka dia tidak bermain dengan iPhone Anda, buatlah dia Alphaberry. Ia memiliki semua stimulasi sensor dari BlackBerry Dad tanpa inbox yang berantakan ($ 20; onestep ahead.com).

2 SAMPAI 3 TAHUN The App-y Balita

1. Menggunakan eReader untuk storytime

2. Mengurutkan bentuk dan menemukan objek tersembunyi di aplikasi iPhone

3. Siap untuk mainan elektronik yang mengajarkan angka, huruf, dan bunyi vokal

Kejutan — eReader tidak hanya untuk orang dewasa! Ada lebih dari 3.500 buku anak-anak untuk anak-anak usia 0 hingga 8 tahun yang tersedia untuk Amazon Kindle, dan banyak judul eReader memperluas antarmuka buku dasar dengan fitur “baca-ke-saya” dan layar sentuh.

“Pada waktu tidur, pertanyaannya bukan buku apa yang harus kita baca, itu ‘Haruskah kita membaca buku elektronik atau buku kertas?’ “Kata Nina Lindsey, ibu dari seorang anak perempuan berusia 3 tahun dan pemilik Nook. “Dia beralih di antara keduanya, jadi ini keseimbangan yang bagus.”

Anda juga dapat mencoba eReader yang tidak memerlukan pengawasan, seperti LeapFrog Tag Junior Book Pal ($ 30; leapfrog .com). Sentuh karakter LeapFrog kecil ke halaman di buku papan, dan membaca keras-keras dan mengeluarkan huruf dan kata-kata.

Menyortir bentuk dan warna dan menemukan benda tersembunyi adalah dua tonggak kognitif yang penting untuk kelompok usia ini. Manjakan rasa ingin tahunya dengan Tozzle, sebuah aplikasi yang menampilkan bentuk teka-teki ($ 2; itunes.com).

3 SAMPAI 4 TAHUN: The Swiper

1. Secara teratur menggunakan tablet — milik Anda atau tablet miliknya

2. Memainkan aplikasi yang menampilkan teka-teki sederhana dan game yang cocok

IPad adalah platform besar untuk koordinasi tangan, keterampilan yang akan melayani anak Anda dengan baik nantinya, mulai dari menulis dengan jelas di sekolah hingga bermain olahraga. Belum lagi di era teknologi modern, kami telah berevolusi dari tipe ke sentuhan menjadi swipe. Berkat penguasaannya yang terus meningkat atas keterampilan motorik halus, dia akan menjadi penjelajah alam melalui layar sentuh tablet.

Namun menurut Dr. Karp, ini adalah variasi aplikasi yang membuat iPad menjadi alternatif yang berharga untuk media lain. “Aplikasi memberikan tingkat keterlibatan yang jauh lebih menguntungkan daripada TV,” ia menjelaskan. “Pengalaman interaktif melibatkan anak jauh lebih daripada ketika dia hanya menyerap gambar TV. Dari sudut pandang perkembangan, hiburan interaktif adalah pilihan yang lebih baik. ”

Unduh aplikasi iPad yang sesuai dengan pencapaian anak-anak yang secara tradisional mencapai pada usia ini, seperti mencocokkan objek dan menyelesaikan teka-teki sederhana. Giraffe’s Matching Zoo (gratis; itunes.com) memperkuat otot-otot memori, sementara Monkey Preschool Lunchbox ($ 1; itunes .com) adalah tentang mencocokkan warna dan menghitung buah.

Tentu saja, iPad memiliki banyak kelebihan yang tidak dibutuhkan anak-anak (e-mail, Internet, pesan instan), jadi hanya masalah waktu sebelum mereka mendapatkan milik mereka sendiri. InnoTab VTech yang baru ($ 80; vtechkids.com) memiliki semua fungsi seperti-Ibu (layar sentuh, pemutar musik dan video, 64 MB memori), tetapi ini cocok untuk tots (pembaca e-book, studio seni, dan game edukasi ).

4 SAMPAI 5 TAHUN: The World Wide Wanderer

1. Menggunakan Internet di bawah pengawasan

2. Memainkan gim video aktif bersama keluarga

3. Waktu untuk membuat definisi baru dari “waktu layar”

Selain semua situs tawa seperti Nick Jr. dan PBS Kids Sprout dapat menyediakan, paparan komputer penting bagi anak-anak prasekolah karena mereka memainkan peran yang semakin menonjol dalam pendidikan. (Ketika datang ke apel di ruang kelas, iMac telah menggantikan Granny Smith.)

Tapi kita tidak bisa lupa bahwa “Internet memiliki lorong-lorong gelap yang tak terhitung jumlahnya sehingga Anda tidak ingin anak Anda tersandung,” jelas Jerry Weichman, Ph.D., seorang psikolog klinis berlisensi di Hoag Neurosciences Institute, di Newport Beach, CA .

Kuncinya di sini adalah pengawasan. Entah itu memainkan Jake Jungle Groove di situs web Disney Junior atau menonton video gurita yang menakjubkan di YouTube (cari “gurita tak terlihat”), lakukan bersama-sama. Lupakan tentang perangkat lunak pelacakan: Anda adalah perangkat pemantauan yang paling efektif.

Beberapa pencapaian fisik baru (penguasaan berlari dan menendang, dan membungkuk tanpa jatuh) dikombinasikan dengan kemampuan sosial untuk bergantian berarti dia siap untuk permainan video aktif di Wii atau Xbox 360. Tetapi video game harus menjadi pengalaman ikatan keluarga. Empat puluh lima persen ibu melaporkan bahwa mereka bermain game bersama sebagai keluarga di konsol videogame, menurut survei Parenting-BlogHer baru-baru ini. Jadi perlakukan itu sebagai aktivitas keluarga.

Beberapa game all-ages terbaik di Wii adalah Just Dance Kids dan Epic Mickey (warna percikan di lanskap monokromatis untuk menghidupkannya). Jika Anda tidak yakin tentang konten game, gunakan aplikasi Papan Rating Perangkat Lunak Hiburan (gratis; itunes.com). Jepret foto kotak permainan atau masukkan judul game, dan Anda akan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan. Perlu diingat bahwa eksposur anak Anda terhadap dunia digital semakin besar seiring bertambahnya usia, jadi hitung waktu yang dihabiskan di semua perangkat ke waktu layar yang dialokasikan hariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *